Jumat, 09 Oktober 2009



SEKILAS TENTANG
PAGUYUBAN JEBENG THULIK BANYUWANGI



Jebeng dan Thulik; adalah merupakan nama panggilan, untuk Jebeng;anak perempuan, Thulik; anak laki-laki. Sedangkan Pemilihan Jebeng & Thulik Banyuwangi adalah suatu ajang guna memilih sepasang generasi muda Banyuwangi yang merupakan representasi dan mencerminkan masyarakat Banyuwangi secara keseluruhan. 
Nantinya para pemenang tersebut akan menjadi Duta Budaya dan Duta Pariwisata bagi Kabupaten Banyuwangi, yang tidak hanya dalam lingkup Banyuwangi akan tetapi juga Jawa Timur atau bahkan Nasional.
Pemilihan Jebeng Thulik Banyuwangi ini dilaksanakan pada setiap tahunnya yakni pada bulan Desember sekaligus sebagai rangkaian dari Hari Jadi Banyuwangi ( HARJABA ) yang diperingati setiap tanggal 18 Desember.
Guna menampung seluruh kepentingan yang berkaitan dengan Jebeng dan Thulik Banyuwangi dibentuklah PAGUYUBAN JEBENG THULIK BANYUWANGI. Paguyuban Jebeng Thulik Banyuwangi anggotanya terdiri dari para seluruh finalis Jebeng & Thulik Banyuwangi setiap tahunnya (berjumlah 10 pasang ). 
Paguyuban Jebeng Thulik (PJT) Banyuwangi ini bergerak secara profesional dan bertanggung jawab serta mengedepankan komunikasi serta kerjasama. Memang selama ini agenda yang dilaksanakan oleh PJT masih mengacu pada Dinas Pariwisata Banyuwangi dan Calender Event , baik secara individu maupun keorganisasian. Selain itu PJT juga mempunyai agenda tersendiri guna meberdayakan para anggotanya. 

Kegiatan Paguyuban Jebeng Thulik Banyuwangi diantaranya adalah : 
1. Pemilihan Jebeng Thulik Banyuwangi, kegiatan dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Jadi Banyuwangi (HARJABA).
2. Pemilihan Jebeng Thulik Cilik Banyuwangi, ini sebagai salah satu upaya dari PJT untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya berbusana jebeng & thulik dikalangan generasi cilik sejak dini. Adapun kategori yang dilombakan antara lain:
 Kategori TK 
 Kategori SD 
 Kategori SMP 
3. Pengiriman Jebeng Thulik Banyuwangi ke pemilihan Raka-Raki Jawa Timur. 
  Setiap tahun PJT dan Dinas pariwisata Banyuwangi mengirim sepasang Jebeng_Thulik Banyuwangi terbaik untuk ikut dalam Pemilihan Duta Wisata Raka-Raki Jawa Timur. 
4. Terlibat dalam kegiatan-kegiatan promosi wisata dan budaya di Banyuwangi seperti : Barong ider bumi, Seblang Bakungan,Seblang Olehsari, Kebo-keboan, petik laut dll. 

PROGRAM-PROGRAM PAGUYUBAN JEBENG THULIK BANYUWANGI. 
a. Membentuk duta wisata yang mempunyai wawasan luas dibidang pariwisata dan dibidang lainnya. 
b. Turut serta mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata dan budaya yang ada di Kab. Banyuwangi ke berbagai event pariwisata. 
c. Mengadakan kegiatan lainya, seperti Bhakti sosial dll. 

MANFAAT IKUT DALAM PAGUYUBAN JEBENG THULIK BANYUWANGI.
Bangga terhadap jati diri dan prestasi generasi muda daerah sebagai duta wisata Kab. Banyuwangi. 
a. Bangga bisa berperan aktif dalam mempromosikan objek wisata dan budaya Banyuwangi dan mempunyai kesempatan mengikuti promosi pariwisata diberbagai event. 
b. Bangga bisa terlibat dalam berbagai kegiatan sosial 
c. Bangga bisa berprestasi dan berperan dalam pembangunan Nasional.

Adanya organisasi Paguyuban jebeng thulik Banyuwangi diharapkan kedepannya dapat menjadi sebuah organisasi yang dapat berperan secara nyata demi mewujudkan sebuah organisasi yang independen dan profesional.dengan tidak meninggalkan jati diri masing-masing anggotanya dan dapat memberikan sumbangsihnya bagi pembangunan Banyuwangi serta dapat melestarikan potensi wisata dan budaya sehingga tidak luntur begitu saja. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar