Selasa, 06 Oktober 2009


SELAMAT ; HARI HARI BATIK NASIONAL


Ini adalah sebuah kabar yang patut kita sambut gembira khususnya buat kita para pecinta batik indonesia, karena pada hari ini 2 Oktober 2009 UNESCO (United Nation Education Scientific and Cultural Organization) telah menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia ( world haritage ) bukan kebendaan di Abu Dhabi. 

Diberbagai daerah di Indonesia semua lapisan masyarakat baik tua maupun muda,seakan tak mau ketinggalan menyambut dengan antusias hari batik nasional pada hari ini. Tak ketinggalan saya juga pada hari ini juga memakai batik (baju baru nehh...he..he.he) yang kebetulan saya dapatkan ketika saya pergi ke Jogya beberapa waktu yang lalu. 

Presiden kita,Bapak Susilo Bambang Yudoyono juga menghimbau kepada semua warga Indonesia untuk berpakaian batik pada hari ini, dan ini tampaknya mengimbas pada berbagai kalangan di seluruh Indonesia, mereka kelihatan antuasias sekali menyambut hari batik Nasional ini. Komunitas muda juga tak mau ketinggalan guna mengapresiasi himbuan dari kepala negara kita. 

Selain Batik, saat ini Bangsa Indonesia telah memiliki tujuh warisan budaya dunia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO, diantaranya ;
Komodo, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Hutan Tropis, Situs purbakala sangiran, keris dan batik. 

Sebenarnya masih banyak warisan bangsa kita, seperti Wayang, Gamelan, Reog, tari-tari daerah dan bahkan lagu daerah dll, yang perlu dipatenkan agar supaya tidak kembali diakui oleh bangsa – bangsa lain. Memang kita harus menyikapi ini dengan arif dan bijaksana. Perlu adanya perang aktif dari kita bangsa kita sendiri untuk lebih penduli dan mencintai seni dan budaya kita. 

di Banyuwangi juga terdapat begitu banyak batik-batik tradisional yang bermutu tinggi, lebih dari 20 motif batik yang kita punyai, diantaranya ; Gajah oling, kangkung setingkes, Moto pitik, paras gempal, paras oling dll. Galeri batik ini (yang saya ketahui..neh) dapat ditemui di Galeri Virdes ( Desa tampo – Kec. Cluring), Galeri Sri Tanjung ( Jl. Tarakan 13 Banyuwangi ), Galeri Sayu Wiwit ( Lingkungan Sri tanjung, Temenggungan – Banyuwangi ).

Peran dari pemuda Indonesia sangat berarti guna menjaga semua potensi seni dan budaya Indonesia tetap abadi selamaya, Jangan hanya karena terkesan tradisonal kita menjadi malu untuk mengakui warisan budaya kita. Padahal dalam hati kecil kita timbul rasa mencintai walau hal itu tanpa kita sadari,… benar nggak! sekali lagi selamat hari batik ya...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar